Lima Langkah Mudah Dalam Menurunkan Dan Mengontrol Kadar Kolesterol Jahat Anda!


5 Langkah Untuk Mengontrol Kolesterol Anda—Bukan rahasia lagi jika saat ini, kita sering  membaca dan mendengar tentang banyaknya orang yang menderita kolesterol tinggi dan masalah yang terkait dengannya. Alasannya bisa bermacam-macam namun yang utama adalah perihal gaya hidup. Dan untuk mengatasi kolesterol tinggi tersebut cara yang ditempuh tentu saja dengan perubahan gaya hidup, diet dan biasanya disertai dengan mengkomsumsi obat yang diresepkan dokter. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, atau Anda tidak menginginkannya tinggi, Anda bisa memastikan beberapa kebiasaan rutin dalam kehidupan sehari-hari Anda yang pasti akan membantu mengendalikan kolesterol Anda.
Menariknya, ada buah-buahan tertentu yang dapat dimasukkan dalam diet mengurangi kolesterol Anda. Mari kita cari tahu lebih lanjut. Apa itu Kolesterol? Senyawa kimia, yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai blok bangunan untuk berbagai hormon seperti testosteron dan estrogen dan untuk membran sel disebut kolesterol.
Sekitar 80% kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati, dan sisanya datang melalui diet kita dalam bentuk produk susu, susu, telur, daging, dll, sedangkan tumbuh-tumbuhan atau tanaman tidak memiliki kandungan kolesterol. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis kolesterol,  yang pertama: LDL atau Low Density Lipoproteins - Umumnya dikenal sebagai kolesterol 'jahat', karena kelebihan LDL dalam tubuh mampu menciptakan penyumbatan di arteri yang mengarah ke penyakit terkait dengan jantung.

Kadar LDL yang normal harus di bawah 100 mg / dL. Bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan jantung tingkat hingga 129mg / dL dapat dianggap normal, tapi tidak untuk orang dengan masalah jantung atau yang berisiko terkena penyakit jantung. Jika tingkatnya melampaui 130mg / dL dan hingga 159mg / dL, maka dianggap batas tinggi, dan di atas 160mg / dL dianggap tinggi.

Sedangkan jenis kolesterol yang kedua adalah: HDL Atau High Density Lipoproteins - Ini adalah kolesterol 'baik'. HDL membantu melindungi tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti stroke atau serangan jantung, karena ia membawa LDL menjauh dari arteri, dan kembali ke hati, untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.
Tingkat HDL yang dibutuhkan adalah lebih dari 60 mg / dL, dan tidak disarankan untuk menurunkannya di bawah 40mg / dL, karena dapat menyebabkan risiko terkait penyakit kardiovaskular. Selain itu, tubuh mungkin memiliki komponen lemak yang disebut trigliserida, yang menyimpan kelebihan energi yang diekstrak dari makanan. Tingkat trigliserida tinggi yang dikombinasikan dengan kolesterol LDL tinggi atau HDL rendah dikaitkan dengan pengerasan dinding arteri, sehingga meningkatkan bahaya stroke atau serangan jantung.
Lalu bagaimana cara menyembuhkan kolesterol tinggi? 1. Makan sehat 2. Olahraga 3. Berhenti mer0k0k 4. Kurangi konsumsi alk0h0l 5. Mengkomsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.
1.   Makan sehat: Sertakan susu rendah lemak, daging rendah lemak, minyak zaitun, dll. Hindari lemak jenuh yang ditemukan dalam daging merah, produk susu, dll. Juga, hindari sepenuhnya lemak trans yang umum dalam makanan yang digoreng, kue, dll. Makanlah makanan yang kaya serat larut, yang tidak memungkinkan saluran pencernaan menyerap kolesterol. Untuk itu komsumsi buah dan sayuran, ikan kaya omega-3, dan mengurangi konsumsi garam.
2.  Olahraga - Olahraga sedang hingga intens setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Beraktifitas secara aktif dalam berjalan cepat, memanjat tangga, bermain olahraga, berenang, berlari, lompat tali, yoga, dll. Menjadi bugar atau memiliki berat badan normal akan menjadi anugerah untuk memastikan kadar kolesterol normal. Hati-hati untuk memasukkan setidaknya 10-15 menit aktivitas fisik setidaknya sekali atau dua kali pada siang hari. Baca Juga: Kegemukan Dan Obesitas Dapat Menimbulkan Penyakit Jantung? Begini Cara Mudah Mengatasinya!
3.  Berhenti mer0k0k - Berhenti dari kebiasaan mer0k0k akan mengarah pada peningkatan HDL (kolesterol baik), dan secara bertahap akan mengurangi risiko penyakit jantung.
4.  Kurangi konsumsi alk0h0l : Cobalah untuk berhenti minum alk0h0l sepenuhnya untuk menurunkan kolesterol LDL tinggi.
5.  Komsumsi Obat yang diresepkan dokter (obat kolesterol) - Dalam beberapa kasus, konsultasi dengan dokter mungkin diperlukan untuk menyembuhkan kolesterol tinggi. Obat yang diresepkan oleh dokter perlu dipatuhi, terlepas dari melanjutkan perubahan gaya hidup dan pola makan.
Itulah 5 hal yang dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol Anda. Semoga saja artikel singkat ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Aamiin. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Langkah Mudah Dalam Menurunkan Dan Mengontrol Kadar Kolesterol Jahat Anda!"

Posting Komentar