Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Agar Tubuh Terhindar Dari Berbagai Penyakit!


Tips Makan Sehat Saat Lebaran – Bagaimana cara mengatur makan saat lebaran? Apa saja yang mesti dihindari saat hendak makan di hari lebaran? Bagaimana cara tetap sehat dan terhindar dari penyakit saat lebaran? Itulah beberapa pertanyaan bagaimana menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit saat lebaran yang biasanya makanannya melimpah.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah tips makan sehat saat lebaran:
1.  Mulai Dari Sayur Dan Buah:
Sebelum pergi bersilaturahmi kepada kerabat maupun keluarga, sebaiknya sempat diri untuk makan-makanan rumah. Dimana utamakan terlebih dahulu makanan sayur dan buah. Hal ini penting, karena sayur dan buah mengandung serat yang baik untuk pencernaan kita dan hebatnya lagi mampu menahan nafsu makan yang muncul ketika melihat hidangan lebaran.

2.  Berhitunglah:
Sebelum menyantap makanan lebaran, sebaiknya takar makanan yang hendak dikomsumsi. Anda boleh saja menyantap semua makanan, asal dalam jumlah ideal yaitu tidak lebih dari asupan kalori yang dibutuhkan tubuh per harinya.
Misalnya: menyantap ketupak dalam porsi kecil, yaitu: tiga hingga lima potong dengan tambahan lauk (daging sapi, ayam, kambing atau telur), tapi yang patut diingat jangan menyertakan bumbu atau kuahnya.
Biasanya bumbu atau kuahnya banyak mengandung lemak (santan) yang tidak baik untuk kesehatan jantung kita.

3.  Camilan Secukupnya:
Bukan hanya banyaknya hidangan utama, lebaran juga identik dengan ‘banjirnya’ camilan. Oleh karena itu, sama seperti dihadangan utama, batasi juga mengkomsumsi camilan. Jika ingin kue, cukup ambil satu dua potong. Jika ingin minum-minuman manis, ambil sedikit saja. Kemudian perbanyak minum air putih.
4.  Tetap Olahraga:
Jika lebaran datang kita sering melupakan hal satu ini, yaitu: olahraga. Sebenarnya kita bisa tetap berolahraga dengan memilih alternatif lain, yaitu: memilih berjalan kaki ketika bersilaturahmi ke sanak kerabat yang rumahnya berdekatan.
Ingat, ketika menyantap makanan jangan berlama-lama untuk duduk apalagi sampai tidur dalam keadaan kenyang. Mengapa? Karena ini dapat membuat lemak semakin cepat menumpuk dalam tubuh. Baca Juga: Kegemukan Dan Obesitas Dapat Menimbulkan Penyakit Jantung? Begini Cara Mudah Mengatasinya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Makan Sehat Saat Lebaran, Agar Tubuh Terhindar Dari Berbagai Penyakit!"

Posting Komentar