Waspada! Seseorang Yang Sakit Gigi Beresiko Lebih Besar Terkena Penyakit Jantung Dan Stroke!


Tahukah Anda bahwa orang yang bermasalah dengan kesehatan mulut dan gigi, cenderung lebih besar menderita penyakit jantung dan stroke? Apa penyebab penyakit gigi bisa menimbulkan penyakit jantung?
Jika Anda menyakini bahwa penyakit gigi tidak ada hubungannya dengan penyakit jantung maka ubahlah mindset Anda, karena seseorang yang bermasalah dengan kesehatan gigi dan mulut berpeluang besar atau berisoko terkena penyakit jantung atau stroke.
Sebuah studi yang dipresentasikan pada American Society for Microbiology di Boston 2014, menemukan fakta hubungan antara peradangan jaringan pendukung gigi (periondontitis) dengan penyakit jantung. Dimana orang yang bermasalah dengan kesehatan mulut dan gigi, cenderung lebih besar risiko penyakit jantung dan stroke.

Hal yang sama pernah juga diungkap sebuah penelitian yang dilakukan di Horishima University pada 2011. Mereka yang jumlah giginya kurang dari 24 saat dewasa, 60%nya cenderung terkena stroke.

Lalu, apa penyebab sakit gigi bisa berpengaruh ke jantung? Seseorang yang mengalami sakit mulut dan gigi biasanya bakteri masih menyerang bagian terdekat mulut terlebih dahulu. Jika keadaan didiamkan, bakteri akan terus melepaskan racun hingga menjalar ke bagian ujung akar gigi.
Sebagai proses pertahanan tubuh terhadap racun bakteri, maka dibagian ujung akar tersebut akan terbentuk reaksi peradangan berupa abses, granuloma, atau bahkan kista. Pada tahap ini, gejala yang dirasakan adalah sakit gigi saat dipakai mengunyah. Terkadang ditemukan bengkak kecil dibagian gusi dekat akar gigi tersebut.
Lama kelamaan, racun bakteri gram negatif tadi tak hanya menyerang bagian mulut tapi juga menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.  Semakin parah kondisi gigi, semakin besar pula risiko menyebarnya racun bakteri. Tidak tanggung-tanggung, racun juga bisa mengalir ke jantung. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya bakteri di jantung ternyata sama dengan yang menyebabkan peradangan gigi (studi yang dipresentasikan pada American Society for Microbiology di Boston 2014).
Selanjutnya, bakteri yang sudah mengalir ke sirkulasi darah akan menimbulkan pengumpulan platelet (potongan kecil dari sel dalam darah yang membentuk gumpalan) menyebabkan penyumbatan dinding pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung jadi terhambat. Sehingga nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan jadi sulit diterima jantung dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.
Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai penyakit seperti sakit gigi, jantung, alergi, hingga stroke? Caranya adalah dengan menyikat gigi dengan benar, gunakan sikat lidah atau benang gigi sebagai tambahan, pembersihan plak dan karang gigi, melakukan penambalan gigi atau perawatan saluran akar gigi jika diperlukan, batasi makanan manis, kontrol kesehatn gigi setiap 6 bulan sekali dan gaya hidup sehat. Baca Juga: Apa Tanda Dan Gejala Serangan Jantung? Ini Dia 6 Tanda Dan Gejala Seseorang Terkena Serangan Jantung!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Seseorang Yang Sakit Gigi Beresiko Lebih Besar Terkena Penyakit Jantung Dan Stroke!"

Posting Komentar