Cara Dan Aturan Makan Buah Yang Benar: Agar Terhindar Dari Gangguan Pencernaan, Diabetes, Jantung Koroner, Dan Hipertensi


Aturan Makan Buah Yang Benar – Buah merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi, diantara serat yang tinggi, berbagai vitamin (A, C, dan E), kalium, asam folat, betakaroten, potasium, zinc, dan magnesium. Bila komsumsi buah dan sayur ini tidak terpenuhi secara maksimal, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, diantara gangguan pencernaan dan munculnya risiko penyakit degenarif, seperti diabetes, jantung koroner, dan hipertensi.
Lalu, bagaimana caranya aturan makan buah yang benar agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh? Berikut aturan makan buah yang benar:

1.  Makanlah buah pada saat yang tepat:
Ketika buah sudah dikupas, dipotong, dan siap disajikan sebaiknya segera dikonsumsi agar kandungan-kandungan nutrisi baik dalam buah dapat optimal bagi tubuh. Jika sempat didiamkan atau disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas, maka kandungan nutrisi baik tersebut akan hilang, karena sudah terpapar oleh sinar matahari, angin, atau panas, sehingga buah tidak lagi memberi dampak optimal bagi tubuh.

2.  Sebaiknya makan buah sebelum makan:
Sebenarnya tidak ada aturan pasti kapan makan buah yang benar, baik sebelum makan atau sesudah makan. Tapi jika Anda tidak ingin gemuk, dapat mengkomsumsi buah sebelum makan. Kandungan serat dari buah mampu menahan nafsu makan yang muncul karena masih kondisi kenyang.  Tapi, bagi Anda yang menderita maag sebaiknya tidak mengkomsumsi buah yang rasanya asam seperti: nanas sebelum makan. Namun,bila perut sudah dalam kondisi terisi, maka bisa mengkomsumsinya.
3.  Pengolahan makanan yang benar:
Ada beberapa cara pengolahan yang digunakan untuk mengkomsumsi buah, yaitu langsung dimakan, diblender, atau dijus. Dari ketiganya tentu yang lebih baik adalah secara langsung dimakan alias tanpa pengolahan apa pun serta diblender karena kita mendapat segala kandungan nutrisinya secara utuh.
Jika buah dijus kandungan seratnya akan hilang, hanya tinggal cairan dan vitamin. Padahal, serat dalam buah memberi banyak manfaat, seperti memperlancar saluran pencernaan, membantu mengikat lemak, dan membantu mengikat gula. Baca Juga: Waspada! Seseorang Yang Sakit Gigi Beresiko Lebih Besar Terkena Penyakit Jantung Dan Stroke!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Dan Aturan Makan Buah Yang Benar: Agar Terhindar Dari Gangguan Pencernaan, Diabetes, Jantung Koroner, Dan Hipertensi"

Posting Komentar