Resiko Dan Akibat Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Jantung Anda!


Pengaruh Kurang Tidur Atau Istirahat Terhadap Jantung Kita – Apa pengaruh kurang tidur (tidur kurang dari 7 jam sehari) terhadap tubuh kita? Apakah kurang tidur atau tidur terganggu akan menyebabkan timbulnya penyakit jantung? Apa saja resiko yang ditimbulkan bila kita kurang istirahat atau kurang tidur? Itulah beberapa pertanyaan seputar bahaya kurang tidur bagi seseorang.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah beberapa bahaya atau resiko yang akan timbul jika seseorang kurang tidur:
Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang kurang tidur dalam waktu lama akan membahayakan tubuh. orang direntang usia 25-49 tahun akan berisiko 2 kali lebih besar terkena tekanan darah tinggi jika kurang tidur. Orang yang kurang tidur (kurang dari lima jam) juga akan berisiko terkena kanker, arthritis, dan serangan jantung hingga 3 kali lipat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah fakta penelitian tentang efek kurang tidur bagi manusia:
1.  Seseorang yang tidur kurang dari lima jam akan meningkatkan risiko darah tinggi hingga 350%-500% dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 6 jam semalam.

2.  Orang berumur 25-49 tahun mempunyai resiko serangan jantung 3 kali lebih besar jika kurang tidur.
3.  Kurang tidur penuh ataupun parsial akan meningkatkan konsentrasi C-Reactive Protein dalam darah. Ini juga akan memicu serangan jantung.
Lalu, apa yang menyebabkan kurang tidur berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita? Salah satu penyebab mengapa kurang tidur bisa  berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita adalah karena tubuh kita mengalami tahapan psikologikal selama tidur.
Dimana ketika seseorang itu tidur, maka  energi kita akan  dipulihkan, tekanan darah akan turun, hormon dilepaskan, pernapasan melambat, otot-otot menjadi rileks, dan terjadi peningkatan suplai darah. Dengan adanya suplai darah tersebut, tentu saja jantung dan tubuh akan terpenuhi ‘makanannya’ (darah mengandung O2 yang baik untuk tubuh). Dengan terpenuhinya ‘makanan’ sel tadi, maka jaringan akan diperbaiki dan bertumbuh.
Oleh karena itu, demi tubuh yang sehat, tidak cukup hanya membekali diri dengan olahraga dan makanan sehat. Tapi juga diperlukan istirahat atau tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam sehari. Baca Juga: Cara Dan Aturan Makan Buah Yang Benar: Agar Terhindar Dari Gangguan Pencernaan, Diabetes, Jantung Koroner, Dan Hipertensi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resiko Dan Akibat Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Jantung Anda!"

Posting Komentar