Depresi Penyebab Penyakit Jantung? Apa Hubungan Depresi Dengan Penyakit Jantung?


Depresi Dan Risiko Penyakit Jantung – Apa penyebab utama munculnya penyakit jantung? Benarkah depresi bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung? Apa hubungan depresinya dengan timbulnya penyakit jantung? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul perihal hubungan depresi dengan timbulnya penyakit jantung.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah jawabannya:
Ketika kita mendengar tentang serangan jantung, jantung koroner, atau penyakit jantung lainnya, kita akan langsung berpikir bahwa penyebab utamanya adalah kolesterol tinggi, mer0k0k, tekanan darah tinggi, bahkan kegemukan atau obesitas. Padahal faktor resiko penyakit jantung bukan hanya karena alasan fisik saja, tetapi juga menyangkut terganggunya kesehatan jiwa. Dimana situasi mental seseorang mempengaruhi kondisi jantungnya.

Perlu diketahui, depresi menjadi penyebab 15% dari angka kejadian kematian akibat penyakit kardiovaskuler dan penyakit jantung koroner. Hal ini berdasarkan sebuah analisis oleh peneliti Jerman yang meneliti 3.428 pria berusia 45-47 tahun di Eropa yang dipublikasikan dalam jurnal Atherosclerosis.

Penyumbang terbanyak kejadian kematian akibat penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner adalah: tekanan darah tinggi sebesar 30-34%, obesitas sebesar 21%, mer0k0k sebesar 17-20%, lalu disusul oleh kolesterol tinggi sebesar: 8%, dan diabetes atau kencing manis yang menyumbang sebesar: 5-8% saja.
Lalu, apa hubungan antara depresi dengan penyakit jantung atau kardiovaskuler? Secara tidak langsung depresi yang merupakan sebagai gangguan psikologi mempengaruhi perubahan perilaku penderitanya. Dimana sebagian besar orang depresi akan cenderung melakukan hal-hal negatif sebagai pelampian keputusasaannya seperti: mer0k0k, malas makan obat, kurang olahraga, makan berlebihan, dan malas mengkomsumsi obat.
Untuk itulah sebaiknya kita menyadari akan bahayanya depresi terhadap munculnya penyakit jantung. Sebaiknya jika dalam tekanan kita tetap berpikir positif dengan mencari jalan keluar terbaik. Jika masalah susah diselesaikan, sebaiknya ceritakan dengan orang atau keluarga terdekat. Dengan bantuan pemikiran, sedikit banyak akan membantu kita menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Jika memiliki uang cukup kita bisa meminta bantuan psikiater untuk mengungkapkan perasaan kita. Baca Juga: Resiko Dan Akibat Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Jantung Anda!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Depresi Penyebab Penyakit Jantung? Apa Hubungan Depresi Dengan Penyakit Jantung?"

Posting Komentar