Hipertensi Tidak Diobati? Ini Penyakit Yang Akan Timbul Jika Tekanan Darah Tinggi Dibiarkan!


Penyakit Yang Timbul Dikarenakan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) – Apa bahayanya hipertensi atau tekanan darah tinggi terhadap kesehatan? Penyakit apa saja yang timbul jika hipertensi tidak dikontrol? Itulah beberapa pertanyaan seputar bahaya hipertensi terhadap kesehatan manusia.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah beberapa penyakit atau kelainan yang timbul jika hipertensi atau tekanan darah tidak diobati:

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Menimbulkan Penyakit Jantung:    
Saat tekanan darah meninggi, darah akan menekan dinding dalam pembuluh terlalu keras, sehingga secara perlahan akan dapat merusak jaringan tipis di dalam pembuluh darah ateri.
Jika hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak diobati dan berkelanjutan, maka celah robekan pada arteri membuat lemak dan kalsium tersangkut, lalu akan menumpuk menjadi plak lemak atau aterosklerosis. Nah, plak lemak ini yang kemudian akan membuat dinding pembuluh darah jadi tebal, sempit, dan tidak elastis lagi. Ini akan membuat jantung kita harus memompa darah lebih keras dari biasanya agar aliran darah tetap maksimal.
Jika hal ini berlangsung terus menerus, jantung akan mengalami ‘kelelahan’ yang ujung-ujungnya jantung akan mengalami kerusakan akibat kerja berat yang mesti dilakukannya setiap hari. Dilain pihak, pembuluh darah yang menyempit juga menghambat pasokan darah yang kaya oksigen ke organ-organ tubuh, seperti otak dan ginjal.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Menimbulkan Penyakit Stroke:
Tekanan darah yang tinggi yang berlangsung lama akan membuat pembuluh darah arteri di otak secara perlahan akan dirusak. Hal ini akan membuat darah mengumpal atau pembuluh darah pecah, yang nantinya akan bisa menyebabkan stroke (bisa stroke hemarogic, bisa juga terkena stroke non hemorogic). Dan jika serangan stroke sudah terjadi, maka sebagian otak tidak lagi mendapat kiriman darah dan oksigen. Ini kondisi bahaya yang mesti diperhatikan. Dimana seperti kita ketahui, stroke tidak hanya mengancam otak, tapi juga mengancam kemampuan berpikir, bergerak, melihat, berbahasa, dan mengingat.
Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Menimbulkan Penyakit Penyakit Ginjal:
Selain penyakit stroke, hipertensi juga bisa membuat kerusakan buat ginjal. Seperti kita ketahui hipertensi dapat merusak pembuluh darah. Jika pembuluh darah rusak, maka ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai sistem penyaringan yang membuang zat sampah dan kelebihan cairan di tubuh. karena pembuangan sampah dan kelebihan cairan tubuh melalui pembuluh darah.
Ketika pembuluh darah rusak, maka penyaring darah di ginjal tidak menerima oksigen dan nutrien yang dibutuhkan untuk bekerja optimal. Kerusakan pembuluh darah juga menyebabkan terganggunya suplai darah ke jaringan ginjal. Yang jika dibiarkan, lama kelamaan ginjal tidak bisa berfungsi lagi alias gagal ginjal. Baca Juga: Kupas Tuntas Tentang Pengukuran Tekanan Darah: Pentingnya Pengukuran Tekanan Darah, Cara MengecekTekanan Darah Sendiri, Ukuran Tekanan Darah Yang Normal Dan Tidak, Serta Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Pengecekan Tekanan Darah!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hipertensi Tidak Diobati? Ini Penyakit Yang Akan Timbul Jika Tekanan Darah Tinggi Dibiarkan!"

Posting Komentar