Cara Mudah Menentukan STEMI, NSTEMI, Dan Unstable Angina (UAP)!


Gejala Iskemik Miokard—Bagaimana gambaran Infark Miokard Akut (STEMI)? Bagaimana gambaran Infark Miokard Akut non- ST Elevasi (NSTEMI)? Apa perbedaan dan cara pemeriksaan Infark Miokard Akut  ST Elevasi (STEMI) dan Infark Miokard Akut non- ST Elevasi (NSTEMI)? Lalu, bagaimana menegakkan diagnosa Unstable Angina (UAP)?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah Gejala Iskemik Miokard serta menentukan apakah seseorang menderita Infark Miokard Akut (STEMI)? Infark Miokard Akut non- ST Elevasi (NSTEMI)? Atau Unstable Angina (UAP)?:

Untuk menentukan ketiga gejala di atas, hal yang pertama bisa dilakukan adalah melakukan rekam jantung atau EKG. Dari hasil pemeriksaan EKG ini akan didapatkan data: Apabila di hasil EKG ada ST Elevasi maka itu positif Infark Miokard Akut (STEMI), apabila tidak maka dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Adapun pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah: Troponin I dan T, CK-MB, dan Mioglobin. Jika dari pemeriksaan laboratorium ada peningkatan biomaker jantung (Indikator cedera jantung), maka telah terjadi Infark Miokard Akut non- ST Elevasi (NSTEMI), tapi jika TIDAK terjadi peningkatan biomaker jantung maka dapat ditegakkan diagnosa Unstable Angina (UAP).
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat digambar di bawah ini: 

Lalu, berapa nilai rujukan nilai laboratorium khususnya pemeriksaan Enzim Jantung? Berikut nilai rujuk pemeriksaan enzim jantung:
1.  Mioglobin:
Meningkat saat awal terjadinya infark dan mencapai puncak pada 1-4 jam dan tetap tinggi sampai 24 jam. Nilai rujukannya: < 85 ng/mL.
2.  CKMB:
Meningkat 3 jam setelah infark, dan mencapai puncak 12-14 jam. CKMB akan mulai menghilang 48-72 jam setelah infark. Nilai rujukannya: CKMB < 25/L dan CK 20-200/L.
3.  Troponin:
Meningkat mulai 3-12 jam setelah iskemik. Mencapai puncak pada 12-24 jam dan masih tetap tinggi pada hari ke 8-21 (Troponin T) dan 7-14 (Troponin I). Dengan nilai rujukan: Trop T < 0,01 ng/mL dan Trop I < 0,04 ng/mL. Baca Juga: Cara Mudah Membedakan Stemi, Nstemi dan UAP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menentukan STEMI, NSTEMI, Dan Unstable Angina (UAP)!"

Posting Komentar