Inilah Gambaran EKG Pada Irama Tidak Shockable Pada Henti Jantung: Pulseless Electrical Activity (PEA) Dan Asystole!


Dua Irama Tidak Shockable Pada Henti Jantung – Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas cara membaca atau mengetahui gambaran EKG pada irama shockable pada henti jantung, yaitu: Ventricular Fibrillation (VF), Ventricular Tachycardia (VT) Monomorpic dan Tachycardia (VT) Polymorpic. Maka kesempatan ini kita akan membahas irama tidak shockable pada henti jantung.
Adapun Irama Tidak Shockable Pada Henti Jantung terbagi menjadi gua gambaran, yaitu: Pulseless Electrical Activity (PEA) dan Asystole:

1.  Pulseless Electrical Activity (PEA):
Sebelum mengetahui gambaran EKG pada Pulseless Electrical Activity (PEA) ini terlebih dahulu kita pahami dulu apa itu Pulseless Electrical Activity (PEA). Jadi diagnosis Pulseless Electrical Activity (PEA) sering ditemukan adanya penurunan kesadaran tiba-tiba, henti nafas, dan tidak ada denyut nadi. Dimana biasanya pada penderita Pulseless Electrical Activity (PEA) ini ada aktifitas listrik jantung tapi tidak terdeteksi pada saat pemeriksaan arteri (nadi tidak teraba).
Adapun gambaran EKG pada Pulseless Electrical Activity (PEA) adalah: adanya gambaran peningkatan gelombang P, adanya blok jantung yang komplit, ventrikuler escape rythm atau adanya gambaran infark miokard akut.
Berikut gambaran EKG Pulseless Electrical Activity (PEA):
Gambaran EKG Pulseless Electrical Activity (PEA)

2.  Asystole:
Sementara Asystole adalah keadaan dimana tidak ada aktivitas listrik dan aktivitas mekanik dari jantung, paling sering ditemukan pada kasus henti jantung. Sering timbul seteleh Ventrikel Fibrasi (VF) dan Pulseless Electrical Activity (PEA).
Adapun gambaran EKG pada Asystole adalah:
Gambaran EKG Asystole

Gambaran EKG pada Asystole menunjukkan keadaan dimana tidak ada aktifitas listrik dan aktifitas ventrikel. Gelombang R tidak dapat ditetapkan, terkadang terlihat gelombang P (terlihat hanya berupa garis datar). Baca Juga: Inilah Gambaran EKG Pada Irama Shockable Pada Henti Jantung: Ventricular Fibrillation (VF), Ventricular Tachycardia (VT) Monomorphic Dan Polymorphic!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Gambaran EKG Pada Irama Tidak Shockable Pada Henti Jantung: Pulseless Electrical Activity (PEA) Dan Asystole!"

Posting Komentar