Mengapa Penderita Jantung Bisa Meninggal Secara Mendadak? Ini Dia Alasannya!


Mengapa penderita penyakit jantung bisa mati secara mendadak? Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan perihal seringnya kita mendengar keluarga, teman, bahkan masyarakat yang tiba-tiba meninggal secara mendadak akibat penyakit jantung. Lalu, benarkah pernyataan ini?
Berikut kita ulas mengapa penderita jantung bisa meninggal secara mendadak dan tiba-tiba:
Pernyataan yang menyatakan bahwa penderita jantung bisa meninggal secara mendadak itu memang benar bisa terjadi. Penyakit jantung merupakan penyebab paling sering terhadap kematian mendadak seseorang. Jika dilihat dari luar mungkin penderita baik-baik saja, padahal sejatinya penyakit jantung tidak timbul sehari dua hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, tapi ia biasanya mulai dari proses panjang bisa bertahun-tahun lamanya.

Penyakit jantung ini pada beberapa kasus penyakit jantung awalnya tidak memperlihatkan gejala maupun keluhan. Itu sebabnya banyak orang yang ‘tertipu’, karena merasa baik-baik saja, ia lalai untuk memeriksakan diri (check up). Sehingga penyakit jantung biasanya diketahui sudah dalam kondisi yang cukup parah. Ketika terjadi serangan tiba-tiba penderita langsung kolaps tak sadarkan diri. Inilah yang membuat penderita jantung bisa mati secara mendadak.

Adapun beberapa kasus penyakit jantung yang bisa berujung kepada kematian mendadak adalah: penyakit jantung koroner, pembengkakan jantung (akibat darah tinggi lama), kelainan jantung bawaan (kebocoran jantung), dan bisa juga akibat serangan jantung, dan infeksi jantung baik yang baru di dapat maupun sudah lama.
Lalu, mengapa penderita penyakit jantung bisa meninggal secara tiba-tiba? Gangguan fungsi jantung yang sering berujung kematian mendadak terjadi bila bilik jantung berdenyut kelewat cepat, yang bisa lebih dua ratus kali per menit. Tentu saja denyut jantung secepat itu tidak akan efektif memompakan isi darah jantung, sehingga pasokan darah ke seluruh tubuh, termasuk yang ke otak tidak mencukupi. Kematian umumnya terjadi akibat otak tidak mendapatkan pasokan darah yang memadai.
Penyebab mengapa jantung berdegup atau berdenyut kelewat cepat bisa bermacam-macam, bisa karena adanya gangguan irama jantung, kerusakan otot jantung, adanya sumbatan dipembuluh darah (penyakit jantung koroner), maupun karena gangguan listrik jantung.
Jika Anda menghadapi situasi dimana ada seseorang tiba-tiba tergeletak tak sadarkan diri karena merasakan nyeri dada, jangan panik. Segera meminta bantuan orang lain untuk memanggil petugas kesehatan, dan sambil menunggu datanganya bantuan Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan melakukan CPR, dengan menekan kuat dinding dada secara teratur (30 kali) dan memberikan nafas buatan dari mulut ke mulut sebanyak 2 kali. Lakukan tindakan ini sampai penderita sadar, dan petugas kesehatan datang. Jika Anda kelelahan, Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk menggantikan posisi Anda. Baca Juga: Benarkah Mengkomsumsi Daging Membuat Tekanan Darah Menjadi Naik (Hipertensi)?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Penderita Jantung Bisa Meninggal Secara Mendadak? Ini Dia Alasannya!"

Posting Komentar