Anda Menderita Tekanan Darah Tinggi? Kapan Sebaiknya Obat Hipertensi Dikomsumsi?


Kapan Sebaiknya Minum Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kapan sebaiknya kita mulai mengkomsumsi obat tekanan darah tinggi. Apakah saat pertama kali mendapati tekanan darah kita tinggi? Apakah saat tekanan darah tinggi tidak turun-turun? Ataukah saat kepala sakit?, Atau dada yang nyeri?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah saat yang tepat untuk memutuskan makan obat tekanan (hipertensi):

Jika tekanan darah Anda menyentuh di 140/90 atau lebih saat pemeriksaan (Anda tidak dalam keadaan melakukan aktifitas atau baru selesai melakukan aktifitas) maka ini patut waspada. Tapi, bukan berarti dengan tekanan 140/90 atau lebih Anda langsung minum obat tekanan darah.
Anda dapat melakukan pengukuran ulang tekanan darah lagi, minimal satu jam setelah pemeriksaan tekanan darah pertama. Jika hasil tekanan darah Anda tetap sama ada baiknya Anda melakukan cara alamiah menurunkan tekanan darah.

Mengapa cara alamiah yang dipakai dari pada mengkomsumsi obat tekanan darah? Karena seperti kita ketahui seberapa ringan pun obat hipertensi punya efek samping yang tidak mengenakkan. Oleh sebab itu perlu cara alamiah untuk menurunkan tekanan darah (hipertensi):
Adapun cara alamiah yang dapat ditempuh untuk menurunkan tekanan darah adalah:
1.  Menurunkan berat badan sampai batas ideal:
Dalam menurunkan berat badan juga tempuh secara alamiah. Anda bisa membatasi pemasukan karbohidrat dan makanan mengandung gula. Selain itu dilakukan olahraga secara teratur. Dengan tubuh yang ideal jantung akan bekerja secara ‘nyaman’ sehingga tekanan darah akan berangsur-angsur mendekati batas normal bahkan normal.
2.  Membatasi asupan garam dapur:
Batasi pemakaian garam dapur. Karena garam dapur merupakan faktor utama naiknya tekanan darah. Untuk itu Anda dapat menukar garam dapur Anda dengan garam rendah sodium yang dijual bebas di toko swalayan.
3.  Olahraga atau aktifitas fisik:
Cara mudah dan murah dalam menekan tekanan darah tinggi adalah dengan berjalan kaki. Berjalan secepat kita bisa, idealnya dengan laju 6 km/jam, menempuh waktu 45-50 menit/hari, 6 kali seminggu, dan satu hari jeda untuk pemulihan.
Jika dalam 2 minggu cara di atas membuat tekanan darah Anda stabil di bawah 140/90 mmHg, maka Anda tidak memerlukan obat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tapi jika dalam 2 minggu tekanan darah Anda tidak turun-turun maka mulai pertimbangkan memakai obat tekanan darah. Karena hipertensi yang dibiarkan akan menimbulkan berbagai penyakit yang mematikan. Tapi, sebelum memutuskan untuk meminum obat tekanan darah (hipertensi) sebaiknya konsultasikan ke dokter keluarga Anda. Baca Juga: Bahaya Dan Efek Jika Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Dibiarkan Dan Tidak Diobati!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Menderita Tekanan Darah Tinggi? Kapan Sebaiknya Obat Hipertensi Dikomsumsi?"

Posting Komentar