Inilah Bahayanya Jika Tubuh Kekuarangan Garam Dapur (Sodium)!


Bahayanya Berhenti Mengkomsumsi Garam – Kita tahu bahwa berlebihan mengkomsumsi garam tidak baik untuk kesehatan kita utamanya untuk jantung kita. Dimana untuk diketahui garam mengandung sodium atau natrium dalam senyawa NaCl garam dapur. Jika kita mengkomsumsi banyak sodium dalam tubuh maka tekanan darah terpompa lebih tinggi. Itu sebabnya komsumsi garam yang berlebih menyebabkan tekanan darah kita menjadi tinggi.

Untuk itulah kita perlu membatasi garam dalam komsumsi kita sehari-hari. Perlu dicatat ‘membatasi’ bukan tidak boleh mengkomsumsi garam dapur. Lalu, berapa kebutuhan harian garam buat tubuh kita? Sejatinya tubuh kita sehari hanya butuh 0,5 gram sodium atau setengah sendok saja sehari.
Jika berlebihan maka peluang besar kita akan menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Yang mana hipertensi ini jika tidak diobati akan merembet  ke penyakit serius yang mematikan, sepert: stroke dan jantung!

Mendapati itu banyak orang jadi berpantang makan garam atau sama sekali tidak mengkomsumsi garam dapur. Mereka berharap dengan berpantang dan tidak mengkomsumsi garam dapur mereka akan terhindar dari penyakit mematikan di atas. Pemikirin tersebut tidak salah, benar mereka akan terhindar dari penyakit stroke dan jantung tapi terkena penyakit lain yang tidak kalah mengerikannya!
Garam dapur yang biasa kita komsumsi sebenarnya juga dibutuhkan oleh tubuh tapi dengan takaran yang disebutkan di atas. Jika kita kurang mengkomsumsi garam dapur atau sodium maka kita berpeluang terkena hyponatremia atau kekurangan natrium yang bisa menimbulkan kelumpuhan yang membuat penderitanya susah menggerakan badan.
Seperti kita ketahui garam (natrium) adalah salah satu elektrolit dalam tubuh yang berguna untuk membantu menggerakkan tubuh kita. Jika kita abai atau tidak diberikan tindakan segera (pemberian natrium) maka bukan saja lumpuh yang kita dapat, penderita hyponatremia juga kemungkinan besar akan tidak sadar atau koma bahkan bisa berujung pada kematian!
Jadi pengertian pantang garam, bukan berarti sama sekali tidak mengkomsumsi garam, melainkan membatasi asupan garam. Hal ini dikarenakan tubuh tetap membutuhkan garam (sodium). Selain untuk cairan dan elektrolit tubuh, sodium juga untuk kerja otot. Baca Juga: Mengapa Tidak Makan Daging, Kolesterol Tetap Tinggi? Ini Dia Jawabannya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Bahayanya Jika Tubuh Kekuarangan Garam Dapur (Sodium)!"

Posting Komentar