Punya Riwayat Kolesterol Tinggi Tiba-Tiba Turun Tanpa Usaha? Jangan Senang Dulu! Ini Lima Penyakit Yang Mungkin Menjadi Penyebabnya!


Anda mempunyai kolesterol tinggi, tidak minum obat, tidak juga berpantang kolesterol tiba-tiba kadar kolesterol turun (kadar kolesterol rendah)? Jangan senang dahulu. Kenapa? Karena bisa jadi Anda memiliki penyakit dibelakangnya. Ya, seseorang yang kolesterolnya biasa tinggi tanpa ditangani tiba-tiba turun harus dicurigai ada yang salah dalam tubuhnya.
Sebenarnya nilai kolesterol yang rendah tidak banyak artinya bagi yang tidak memiliki bakat kolesterol tinggi. Namun akan terlihat berarti bagi orang yang memang memiliki kadar kolesterol tinggi. Jika orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi itu melakukan serangkaian usaha dan tindakan yang menurunkan kadar kolesterol maka hal itu dianggap wajar jika kolesterolnya turun. Tapi akan aneh jika orang yang kolesterolnya tinggi tiba-tiba kadar kolesterolnya rendah tanpa ada usaha menurunkannya.

Ada lima kemungkinan penyakit atau keadaan yang patut dicurigai jika kolesterol tinggi tiba-tiba turun tanpa adanya usaha:
1.  Penyakit Radang Hati:
Penyakit pertama yang dicurigai jika kolesterol tiba-tiba rendah tanpa usaha adalah penyakit radang hati. Apapun penyebab radang hatinya, bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah ikut turun. Perlu diingat, bahwa kolesterol sebagian besar diproduksi oleh tubuh, dimana organ hati adalah ‘pabriknya’.

2.  Penyakit Kelenjar Gondok:
Selain penyakit hati penyakit kelenjar gondokyang aktif atau bahasa medisnya hyperthyroidism akan menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh yang menyebabkan kadar kolesterol juga ikut turun dibawah normal.
3.  Penyakit Acute Infection:
Sama dengan kedua penyakit diatas infeksi yang muncul secara mendadak akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
4.  Penyakit Ginjal:
Pada keadaan menurunnya fungsi ginjal yang tahap berat sehingga ureum bocor dalam darah akan menyebabkan kadar kolesterol bisa turun dibawah standar.
5.  Penyakit tumor atau kanker:
Penyakit mematikan ini juga perlu dicurigai jika tiba-tiba kolesterol kita yang biasa tinggi langsung rendah. Baca Juga: Mengapa Tidak Makan Daging, Kolesterol Tetap Tinggi? Ini Dia Jawabannya! 
Untuk itu perlu kiranya kita memantau secara rutin kadar kolesterol kita. tanpa pemantauan yang teratur kita tidak tahu otobiografi nilai kolesterol tubuh milik kita sendiri. Itulah pentingnya kita mengetahui berapa nilai kolesterol kita sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya Riwayat Kolesterol Tinggi Tiba-Tiba Turun Tanpa Usaha? Jangan Senang Dulu! Ini Lima Penyakit Yang Mungkin Menjadi Penyebabnya!"

Posting Komentar