Waspada! Kekurangan Makan Buah Dan Sayur Bisa Menyebabkan Gangguan Pada Jantung Anda!


Apakah Anda sering mengeluh badan pegal dan lemah? Perasaan tidak bertenaga? Terkadang merasakan mual dan kembung? Dan terkadang juga merasakan perasaan tidak nyaman di area dada!
Tidak semua gangguan jantung berasal dari ketidakberesan organ jantung. Ada beberapa faktor di luar jantung yang menyebabkan jantung seolah sakit. Salah satu faktor itu adalah kurangnya penderita makan buah dan sayur!

Ya, bisa jadi keluhan badan pegal dan lemah, perasaan tidak bertenaga, mual, kembung, dan merasakan tidak nyaman di area dada dikarenakan Anda kurang atau tidak mengkomsumsi buah dan sayur!
Untuk mengetahui kebenaran tersebut, Anda bisa memeriksakan rekam jantung (EKG) dan bisa juga dengan pemeriksaan darah yaitu: cek elektrolit. Pada pemeriksaan rekam jantung biasa seseorang yang kekurangan mengkomsumsi buah dan sayur tergambar gangguan pada gelombang ST. Dimana gangguan pada ST kemungkinan penderita kekurangan kalium dalam darahnya. Sedangkan cek elektrolit memeriksakan sejumlah elektrolit seperti natrium dan kalium. Biasanya seseorang yang kurang atau tidak makan buah maupun sayur kurang kaliumnya atau bahasa medisnya adalah hypokalemia.

Untuk diketahui kalium banyak terkandung pada buah dan sayur. Terdapat juga di susu skim, burger, dan daging. Dimana fungsi kalium ini adalah sebagai pengantar listrik persyarafan seluruh tubuh. Kalium yang memadai dalam tubuh berfungsi sebagai penyeimbang asam basa tubuh. tentu saja jika kurang akan mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Dalam kondisi berat, kekurangan kalium bisa menimbulkan gejala kelumpuhan.
Untuk mengatasi kekurangan kalium tersebut yaitu dengan memberikan kalium ekstra. Tapi ini tidak mengatasi dalam jangka panjang, oleh sebab itu penderita harus rutin mengkomsumsi makanan yang mengandung kalium. Adapun buah yang banyak mengandung kalium adalah: semangka, pisang, kismis, tomat dan kurma. Untuk buah pisang Anda dapat mengkomsumsinya 1-2 buah pisang perhari untuk mencukupi kebutuhan kalium harian Anda. Baca Juga: Inilah Suplemen Yang Diperlukan Pengidap Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Kekurangan Makan Buah Dan Sayur Bisa Menyebabkan Gangguan Pada Jantung Anda!"

Posting Komentar