Hubungan Penyakit Gigi Bisa Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung! Ayo Periksa Gigi Anda Minimal 6 Bulan Sekali!


Hubungan Kesehatan Gigi Dengan Kesehatan Jantung – Prof. Richard Watt dari Universitas College London, Inggris, menyatakan bahwa mereka yang menggosok gigi kurang dari dua kali dalam sehari berisiko terserang penyakit jantung. Sama halnya juga bila jarang pergi ke dokter gigi sekurang-kurangnya 6 bulan sekali, akan berisiko terserang penyakit jantung juga.
Muncul pertanyaan mengapa kesehatan gigi berpengaruh terhadap kesehatan jantung? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu diketahui bahwa risiko serangan jantung bisa datang dari mana-mana. Salah satunya dari gigi kita. seperti kita ketahui dari gigi bibit penyakit infeksi dari luar tubuh memasuki tubuh melalui aliran darah di dalamnya.

Apabila gigi kita sudah bolong, pembuluh darah di akar gigi berhubungan langsung dengan dunia luar yang tentu saja dapat membuat kuman maupun bakteri masuk ke dalamnya. Jika kuman dan bakteri bisa masuk melalui pembuluh darah di akar gigi maka tentu saja bakteri dan kuman bebas memasuki tubuh kita yang menyebabkan infeksi pada tubuh.
Apabila gigi mengalami infeksi, pembuluh darah tubuh juga mengalami peradangan (inflamasi). Pembuluh darah tubuh, termasuk di dalamnya pembuluh darah jantung koroner juga ikut mengalami peradangan. Tentu saja, hal ini ikut mendukung terbentuknya karat lemak dinding pembuluh darah (atherosclerosis). Termasuk juga kehadiran kuman di dalam aliran darah. Jika terjadi seperti ini, pembuluh darah koroner akan mengalami ancaman penyumbatan.
Untuk mencegah ini, tentu saja kita harus rutin menyikat gigi kita. Bukan hanya menggosok, tapi menggosok gigi secara benar. Inilah alasan mengapa orang yang menggosok gigi lebih dari dua kali masih juga bisa terkena penyakit jantung karena gigi, dikarenakan cara menyikat giginya yang tidak benar.
Jika menggosok gigi kita tidak benar, maka sisa makanan, terutama yang berasal dari tepung-tepungan, gula, akan bersenyawa dengan kuman di dalam rongga mulut. Pergabungan keduanya itu akan menggerogoti email gigi kita, sehingga email gigi kita menjadi rapuh dan rusak.
Selain cara menggosok gigi secara benar, juga perlu diperhatikan bahwa menggosok gigi dilakukan sehabis setiap kali makan, bukan sebelum makan. Karena tujuan utama kita menggosok gigi adalah meniadakan sisa makanan agar tidak berlama-lama berada di permukaan gigi. Minimal kita bisa berkumur-kumur jika sehabis makan, terlebih sehabis makan yang mengandung gula maupun tepung-tepungan. Baca Juga: Inilah Penyebab Mengapa Serangan Jantung Bisa Datang Berulang!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Penyakit Gigi Bisa Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung! Ayo Periksa Gigi Anda Minimal 6 Bulan Sekali!"

Posting Komentar