Inilah Penyebab Mengapa Serangan Jantung Bisa Datang Berulang!


Mengapa Serangan Jantung Datang Berulang? Sudah bukan rahasia lagi serangan jantung sering datang berulang. Semestinya kejadian mengerikan seperti ini tidak perlu terjadi bila penderita menyadari, bahwa serangan jantung berulang bisa datang kembali bila tidak diwaspadai.
Serangan jantung bisa datang kembali karena serangan jantung terjadi jika ada riwayat sumbatan pada koronernya. Jika sumbatan koronernya tidak diobati maka serangan jantung bisa terulang lagi.
Lalu, bagaimana dengan penderita jantung yang telah menjalani operasi bypaass atau dipasang cincin koroner? Apakah penderita serangan jantung yang sudah menjalani operasi bypass atau dipasang cincin koroner bisa mengalami serangan jantung juga? Jawabannya Iya. Penderita yang sudah menjalani operasi bypass atau dipasang cincin koroner bisa mengalami serangan jantung berulang!

Mengapa penderita yangsudah menjalani operasi bypass atau dipasang cincin koroner bisa mengalami serangan jantung? Karena seseorang dengan riwayat penyumbatan pembuluh darah jantung koroner, berarti seluruh pembuluh koronernya membawa resiko sama, yakni sudah tidak sehat lagi.

Dimana belum seluruh pembuluh darah koroner mengalami sumbatan, itu hanya bicara masalah waktu saja. Pada penderita yang pernah mengalami serangan jantung koroner, masing-masing cabang koronernya sebenarnya sudah mempunyai bakat tersumbat.
Itu artinya semua pembuluh koroner dengan riwayat serangan koroner, berpotensi tersumbat. Jadi apabila bakat koronernya dibiarkan akan tetap berisiko untuk mengalami sumbatan yang akan menyebabkan serangan jantung. Mungkin bukan di tempat yang dilakukan operasi tapi ditempat atau cabang pembuluh darah koroner lain yang berpotensi tersumbat juga.
Hal yang perlu diketahui yaitu: pemasangan cincin koroner atau stent tidak menjamin 100% koronernya bakal tidak tersumbat kembali. Tergantung jenis stent dan seberapa rentan respon pembentukan plaque lemak pada dinding pembuluh darah koronernya. Jenis stent yang dilapisi obat  lebih kecil kemungkinan tersumbat ulang dibandingkan dengan stent polos tanpa obat.
Selain itu, seseorang yang pernah mengalami serangan jantung memiliki faktor pencetus untuk terjadi serangan jantung lagi. Baik karena keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, pola hidup tidak sehat, dan penyakit penyerta yang membuat terjadi serangan jantung koroner (diabetes melitus dan hipertensi).
Untuk itulah bila Anda pernah terkena serangan jantung dan tidak ingin hal itu terulang kembali, sebaiknya terapkan pola dan gaya hidup sehat (batasi makanan tinggi garam, hindari m3r0k0k, jaga berat badan, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, hindari makanan junk food maupun berpengawet, hindari makanan olahan, perbanyak makan buah dan sayur, dll), kelola stres dengan baik, rutin cek up kesehatan, dll. Baca Juga: Bolehkah Pengidap Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Minum Obat Tradisional?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Penyebab Mengapa Serangan Jantung Bisa Datang Berulang!"

Posting Komentar