Inilah Perbedaan Antara Tanda Dan Gejala Serangan Jantung Asli Dan Yang Palsu!


Bagaimana cara mengetahui atau mengenali gejala serangan jantung yang benar dan yang bukan? Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan, mengingat gejala serangan jantung hampir mirip dengan penyakit lain. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tanda dan gejala serangan jantung yang asli dan palsu.

Berikut adalah tanda dan gejala serangan jantung yang asli:
1.  Waktu Serangan Jantung:
Pada penderita serangan jantung ada kekhasan pada tanda dan gejala saat nyeri dada muncul. Umumnya, nyeri dada tidak terlalu lama atau hanya sepintas waktu. Dalam artian jika nyeri dada beberapa hari itu kemungkinan besar bukanlah gejala serangan jantung.
2.  Akibat Serangan Jantung:
Selain waktu, sifat serangan jantung, penjalaran, hingga perasaan saat serangan jantung terjadi menjadi pembeda. Pada serangan jantung ciri-cirinya: nyeri akibat serangan jantung biasanya atau sifatnya menyebar. Umumnya terjadi di dada kiri atau tengah, nyeri ulu hati yang kadang mirip dengan sakit maag, atau bisa juga perasaan nyeri di daerah punggung.
Adapun penjalaran pada serangan jantung yaitu: bisa menjalar ke lengan kiri, punggung, bahu, dan rahang. Tetapi patut diingat penjaran nyeri hanya berada pada tubuh bagian atas, tidak sampai ke area kaki. Ini menandakan bahwa penderita serangan jantung tidak bisa menunjuk titik nyeri tapi area yang nyeri atau sakit.

Selain itu, yang dirasakan penderita serangan jantung terasa seperti ditekan, dihimpit benda berat. Gejala ini juga kadang disertai dengan keringat dingin, mual, muntah, dan sesak nafas.
3.  Pemicu Serangan Jantung:
Pada penderita serangan jantung, umumnya terpicu atau tercetus akibat dari aktivitas dan sembuh dengan beristirahat. Olahraga yang berat biasanya yang jadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Jika dengan beristirahat, nyeri perlahan menghilang, artinya memang orang tersebut terkena serangan jantung. Dan hal sebaliknya terjadi, bila nyeri tidak kunjung hilang setelah beristirahat, kemungkinan bukan karena serangan jantung.
Tindakan Yang Mesti Dilakukan Saat Terkena Serangan Jantung:
Lalu, apa yang mesti dilakukan bila terkena serangan jantung. Hal pertama adalah tidak panik. Mengapa? Karena jika Anda panik maka akan memicu jantung lebih cepat. Padahal jika serangan jantung terjadi, jantung harus dikondisikan bekerja seminimal mungkin.
Usahakan untuk segera meminta bantuan, kalau memungkinkan penderita dibantu dengan pemberian obat-obatan seperti isosorbide dinitrat. Sementara itu, penderita harus segera di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis secepatnya. Karena semakin cepat ditangani, semakin banyak otot jantung yang bisa diselamatkan.
Untuk itu, pasien yang mendapati diri terkena serangan jantung mesti berhati-hati dan waspada. Ingatlah selalu untuk membawa bekal obat-obat pribadi. Baca Juga: Waspada Jika Anda Merasakan Tanda Dan Gejala Serangan Jantung Seperti Ini!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Perbedaan Antara Tanda Dan Gejala Serangan Jantung Asli Dan Yang Palsu!"

Posting Komentar